×


Air Conditioner (AC) menjadi suatu barang elektronik yang sangat lazim digunakan di berbagai ruangan, baik di rumah hingga kantor. Jika sudah bersedia memiliki, maka Anda juga harus siap merawat AC dengan baik agar benda penting ini tetap berfungsi secara optimal. Sebagai referensi, berikut beberapa tips ampuh merawat AC.

Hanya Nyalakan AC pada Ruangan Tertutup

Ingat, jika Anda mengetahui cara merawat AC dengan benar maka AC bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama. Salah satu tips ampuh merawat AC agar lebih awet ialah dengan menyalakan AC pada ruangan tertutup saja. Anda tentunya sudah tahu jika elektronik pendingin ruangan ini khusus digunakan pada ruangan tertutup sehingga pastikan semua pintu, jendela dan ventilasi dalam ruangan sudah ditutup dengan rapat sebelum AC dinyalakan. Hal ini membantu memaksimalkan fungsi AC sekaligus mempercepat proses mendinginkan ruangan. Tidak hanya itu, ruangan yang tertutup rapat juga membantu meringankan kinerja kompresor sehingga AC tidak mudah rusak dan berumur lebih panjang.

Gunakan Fitur Timer

Selanjutnya pastikan untuk menggunakan fitur timer saat AC dinyalakan. Fitur ini akan membuat AC mati secara otomatis saat sesuai pada waktu yang Anda atur sebelumnya. Tentu ada saja kegiatan yang membuat seseorang lupa mematikan AC di rumah seperti buru-buru misalnya. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, fitur timer bisa digunakan sebagai pencegahan agar AC tidak menyala saat tidak orang dalam ruangan. Fitur ini juga membantu AC tidak mudah rusak karena tidak perlu bekerja ekstra mendinginkan ruangan dan membantu meminimalisir tagihan listrik di rumah. Selain itu, pastikan pula tidak terlalu sering mengatur suhu AC dibawah 22 derajat celcius karena kebiasaan ini akan membuat mesin AC mudah panas.

Hindari Merokok dalam Ruangan Saat AC Menyala

Langkah penting selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat AC ialah dengan mencegah kegiatan merokok dalam ruangan yang AC-nya sedang menyala. Perlu Anda ketahui, asap yang dihasilkan oleh rokok akan menyebabkan AC lebih mudah kotor dan membuat warna cover berubah. Tidak hanya itu saja, nikotin yang terkandung dalam asap rokok juga sangat mudah mengendap dalam evaporator sehingga udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi lebih pengap, mengurangi rasa dingin dan bahkan bisa membahayakan kesehatan.

Lakukan Pengecekan Tekanan Freon pada AC

Tips efektif merawat AC berikutnya bisa dilakukan dengan mengecek tekanan freon pada AC. Freon merupakan suatu hal yang menentukan AC dingin atau tidak. Maka dari itu, sangat penting melakukan pengecekan freon secara rutin, sedikitnya bisa dilakukan setiap 6 bulan sekali oleh ahlinya. Anda bisa mengandalkan jasa service AC di Jakarta yang profesional untuk melakukan pengecekan dan melakukan reparasi apabila memang diperlukan. Ingat, tekanan yang kurang akan membuat freon bocor sehingga AC tidak bisa menghasilkan udara yang dingin lagi. Bahkan AC juga sering mati dengan sendirinya jika sudah seperti ini.

Lakukan Service AC Secara Rutin

Terakhir bisa Anda lakukan dengan service AC secara rutin. Service AC secara berkala akan membantu AC bekerja dalam keadaan optimal. Saat melakukan pembelian atau pemasangan AC baru, biasanya pihak penjual akan memberi anjuran agar AC di service setiap 3 bulan sekali. Service yang dilakukan secara berkala akan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah pada AC. Kuncinya, pastikan Anda hanya mengandalkan layanan jasa service AC terpercaya yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Jasa Service Ac Jakarta

Add Your Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *